LPS Turunkan Tingkat Bunga Penjaminan Di Awal Tahun

Jakarta, 24 Januari 2020. LPS melalui Rapat Dewan Komisioner (RDK) pada hari Jumat, 24 Januari 2020, telah menurunkan tingkat bunga penjaminan untuk simpanan Rupiah di Bank Umum dan di BPR sebesar 25 bps dan mempertahankan tingkat bunga penjaminan untuk valuta asing di Bank Umum. Dengan demikian, tingkat bunga penjaminan LPS menjadi sebagai berikut:

Bank Umum Bank Perkreditan Rakyat
Rupiah Valas Rupiah
6.00% 1.75% 8.50%

 

Tingkat bunga penjaminan tersebut berlaku sejak tanggal 25 Januari 2020 sampai dengan 29 Mei 2020.

Mempertimbangkan bahwa proses penyesuaian suku bunga simpanan perbankan masih terus berlangsung, dan memperhatikan dinamika berbagai faktor ekonomi serta stabilitas sistem keuangan yang akan mempengaruhi kondisi likuiditas ke depan, maka LPS akan terus melakukan pemantauan terhadap perkembangan suku bunga simpanan perbankan dan penyesuaian terhadap kebijakan Tingkat Bunga Penjaminan.

Sesuai dengan Peraturan LPS, bank wajib memberitahukan kepada nasabah penyimpan mengenai tingkat bunga penjaminan simpanan yang berlaku dengan menempatkan informasi dimaksud pada tempat yang mudah diketahui oleh nasabah penyimpan. Apabila nasabah penyimpan menerima hasil bunga melebihi tingkat bunga penjaminan LPS, simpanan nasabah tidak memenuhi kriteria penjaminan LPS.

Sumber : www.lps.go.id

Berita Terbaru

Ikuti Kami

Jalan Raya Sesetan No.48, Sesetan, Kecamatan Denpasar Selatan Kota Denpasar, Bali 80114

Copyright © 2019 PT. BPR Duta Bali. All Rights Reserved.